Nonton Film “The Raid 2 – Berandal” di Hong Kong

Sejak tinggal agak jauh dari tanah air, perasaan rasa nasionalisme gue jadi lebih tinggi sedikit-:)

 

Terserah mau dibilang rasa nasionalisme, atau mungkin itu sebetulnya “kangen” ama kehidupan sehari2 dulu di Jakarta. Kangen sama keluarga, teman2, kerjaan, pergaulan sehari2, ya sama kesehariannya lah… 

 

Biasanya dulu kalo weekend, salah satu agendanya ya ke mall cari keseruan disana. Sambil ketemu teman, makan, ngopi atau nonton film. Terus terang jarang gue nonton film Indonesia di Jakarta. Tapi beberapa tahun terakhir ini sejak film Indonesia makin bagus, ya nontonlah sekali2…

 

Seingat gue, film Indonesia yg gue tonton sejak tahun 2000, antara lain (maaf ngak inget juga film2 ini dikeluarkan tahun berapa):

  • Petualangan Sherina
  • Eiffel, I am in love
  • Ada Apa Dengan Cinta
  • Perahu Kertas
  • Negeri Lima Menara
  • 5cm
  • Garuda Didadaku
  • Laskar Pelangi

 

Anyway balik lagi ke rasa kangen gue ama kehidupan sehari2 dulu di Jakarta, sejak gue tinggal di Vietnam dulu dan Hong Kong sekarang, segala sesuatu yg berhubungan dengan Indonesia, gue berminat banget.

 Image

Jadi waktu gue tahu film The Raid diputar di mancanegara, gue pantengin itu jadwalnya kapan main di Hong Kong. Ehem, sementara The Raid yg pertama pun gue belum nonton, ngak apa lah…

 

Pertama kali gue lihat poster “The Raid 2 – Berandal” di stasiun MTR rasanya seneng bener. Walaupun ngak ngerti apa tulisannya, karena ditulis dalam bahasa Cantonese! gue cuma ngerti dan nebak2 kalo film itu akan diputar tanggal 19 Juni.

 

Hong Kong daerah teritorinya terdiri dari tiga bagian utama:

  • Hong Kong Island
  • Kowloon
  • New Territories

 

Dari tiga bagian diatas, cinema2 yg mutar film The Raid 2 ini rata2 yang berlokasi di Kowloon. Ngak jelas juga kenapa. Gue tebak, mungkin film tabok2an ala pencak silat Indonesia ini fans-nya lebih banyak di daerah Kowloon.

 Image

Ada dua franchise cinema yg mutar the Raid 2 adalah: Palace Cinema (Broadway circuit) http://www.cinema.com.hk/revamp/html/cinema.php?lang=e dan UA Cinema https://www.uacinemas.com.hk/ Tapi tidak disemua cabang mereka putar film tersebut, hanya di beberapa lokasi tertentu saja.

 

Senang, bangga, langsung foto depan poster film – pastinya!

 

Ada beberapa karakter tokoh di film ini yg menarik perhatian gue.

 

Koso atau Prakoso. Bapak yg bisa gue bilang peran pembantu ini ngak cakep, perannya juga antagonis, jadi salah satu orang kepercayaan penjahatnya, tapi yg bikin menarik adalah sisi kemanusiaannya  yg ternyata dibalik sadisnya dia, dia menyimpan rasa kangen yg amat sangat untuk bertemu anaknya. Anak yg tidak pernah dilihatnya lagi, karena si anak tinggal dengan ibunya dan si ibu melarang Koso bertemu si anak. Si ibu capek dengan kelakuan Koso yg ngak berubah masih malang melintang di dunia terlarang. Tapi Koso lembut sekali dengan ibu anaknya ini, dia ngak ngelawan sama sekali. Detik2 terakhir hidupnya, dia cuma memegang kalung tempat foto anaknya disimpan, so touchy…

 

Eka juga menarik. Bukan karena Oka Antara ganteng asli, tapi tokoh ini mendua, gue masih ragu2 apa dia ini beneran membelot dari kepolisian atau dia masih berperan “under cover”.

 

Adegan tabok2an yg seru banyak, yg bikin gue tutup mata banyak bener… tapi adegan berantem di penjara dan hujan itu seru, bagus adegan silatnya, tata ruangannya, lokasinya bagus juga…

 

Adegan berantem terakhir di dapur restoran tempat “the bad guys” ngumpul juga seru… deg deg an gue liat tempat wine-nya di pake berantem, sayang wine-nya…..

 

Again, I’m proud as Indonesian watching the Indonesian movie overseas… ada yg komentar, itu film Hollywood tapi aktor-nya orang Indonesia… ngak apalah, hidup film Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s